Transparan  News
12 April 2019

M Hanif Dhakiri Caleg DPR-RI “Sahabat Rakyat Sahabat Umat”

Saut Manullang

TransparanNews, BEKASI – “Sahabat Rakyat Sahabat Umat” inilah sosok salah satu Calon Legislatif Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (Caleg  DPR-RI) yakni M Hanif Dhakiri.

Hanif ialah sosok yang bersahabat dengan rakyat dan maju untuk memperjuangkan kemasalahan umat. Ia sosok yang tetap merakyat walaupun sudah menjadi Petinggi di Negara ini.

Menurut Muhammad Hanif Dhakiri berpolitik itu pengabdian, panggilan hidup. “Bagaimana kita bisa bermanfaat bagi orang lain sebanyak-banyaknya”, ungkapnya.

Pada Pemilu 2014 lalu, Hanif sukses memenangkan suara untuk kursi DPR RI Komisi X pada tahun 2009-2014 dari Dapil Kabupaten/Kota Pekalongan Kabupaten Batang dan Kabupaten Pemalang. Berkat kinerjanya yang menonjol akhirnya ia dipercaya menjadi Menaker pada kabinet Pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla.

Pada Pemilu 2019 Hanif dipercaya menjadi Calon Legislatif Partai PKB untuk Dapil VI Kota Bekasi-Depok. Hanif yakin tetap mampu memberikan manfaat nyata bagi masyarakat di Kota Bekasi dan Depok, sekaligus menjadi Sahabat Rakyat yang memastikan suara dan aspirasi masyarakat Bekasi dan Depok tersampaikan.

“Badan Legislatif itu fungsinya kan sesuai istilah Bung Karno, bahwa Legislatif iyalah penyambung lidah Rakyat. DPR akan memastikan bahwa suara Warga Kota Bekasi dan Depok akan didengar, saya bisa berfungsi untuk memastikan bahwa pihak yang unspoken itu menjadi spoken, unheard menjadi heard.” paparnya

Hanif juga meyakini bahwa tujuan baiknya untuk Bangsa, khususnya masyarakat Kota Bekasi dan Depok akan bisa dicapai dengan cara yang baik, dengan rekam jejak saya sebagai anggota DPR dan Menteri sudah membuktikan bahwa saya mampu menepis godaan. tekadnya pasti

“Dari Rakyat, Tetap Merakyat, Bermanfaat Bagi Rakyat”

Muhammad Hanif Dhakiri dilahirkan di Semarang, 6 juni 1972. Ia mulai berpolitik sejak awal kuliah pada tahun 1992 dan langsung menunjukkan keberpihakannya kepada Rakyat. Hanif juga termaksud generasi muda Nahdliyin turut terlibat dalam kelahiran Partai PKB keteguhan nya terus teruji seiring berjalannya waktu, sampai sekarang ya tetap loyalitas kepada Partai PKB yang berintegritas.

“Kami tetap memiliki komitmen pada visi misi keberagaman dan ekonomi berbasis kerakyatan.” tegasnya

Latar belakang kehidupan sebagai Rakyat biasa dan agamis membuat Hanif menjadi sosok yang kuat dan matang.

Saya kebetulan berasal dari latar belakang Agama, Pesantren, khususnya NU. kami diajarkan bahwa hidup itu mencari berkah. Jadi supaya hidup kita terberkati, ya kita harus melakukan pengabdian dalam hidup. Dan itu banyak jalannya, salah satunya melalui jalur politik, politik itu sesungguhnya merupakan usaha-usaha perbaikan manusia menuju jalan yang menyelamatkan kehidupan kita di dunia maupun di akhirat. Jadi politik itu bukan hanya dilihat dari dimensi ke duniaan, sebabnya kenapa kita harus memiliki performa yang baik di politik. karena politik itu barang baik. dan pada intinya adalah Niat.” paparnya

Berkat semboyan hidup “Live Well, Rule Well, Die Well”, ia bertekad menjadi ” orang biasa yang berusaha menjadi luar biasa untuk orang lain dan Bangsa,” inilah sosok Muhammad Hanif Dhakiri yang sekarang. Seorang politisi dan birokrat yang handal, warga masyarakat yang baik dan seorang ayah yang hangat dan penuh bertanggung jawab bagi keluarga.

“Penyambung Suara Umat, Nyata Tunaikan Amanat”

Kota Bekasi dan Depok adalah kota satelit dari Kota Jakarta yang memiliki masalah yang cukup kompleks, pengetahuan dan pengalaman sebagai mantan Anggota DPR RI serta Menaker, berikut beberapa pokok permasalahan di Kota Bekasi dan Depok yang akan diperjuangkan oleh Muhammad Hanif Dhakiri :

1. Pendidikan Formal dan Informal bagi anak-anak. menurut Hanif ia akan memperjuangkan agar anak-anak di Kota Bekasi dan Depok benar-benar bisa mendapatkan pendidikan yang baik dan penuh hak-hak anak secara maksimal.
“Ruang buat anak-anak itu penting, untuk memastikan mereka memperoleh pendidikan, bisa bermain dan menikmati masa kanak-kanak yang akan tumbuh secara lebih sehat.”

2. Memperjuangkan UU Perburuhan yang menyertakan kesejahteraan keluarga.
Berbekal pengalamannya sebagai Menaker Kabinet Jokowi-JK, Hanif akan memperjuangkan Undang-undang Perburuhan yang tidak hanya berkutat masalah kenaikan UMR semata, melainkan juga menyertakan kebutuhan kehidupan layak lainnya seperti fasilitas pendidikan dan kesehatan bagi seluruh keluarga termaksud kebutuhan rekreatif.
Undang-undang yang diperjuangkan Hanif diharapkan akan menjamin adanya perbaikan pada beberapa hal penting seperti : Peningkatan kompetensi dan produktivitas tenaga kerja dalam memasuki pasar, kualitas pelayanan penempatan dan pemberdayaan Naker, menciptakan iklim hubungan industrial yang harmonis, peningkatan perlindungan Naker, menciptakan rasa keadilan dalam dunia usaha, dan pengembangan sistem pengawasan ketenagakerjaan.

Berbekal dukungan suara rakyat Kota Bekasi dan Depok, Hanif meyakini mampu mewujudkan program unggulan nya tersebut dengan baik. baginya suara Rakyat adalah kekuatan dan kekuasaan. “Politik itu kalau secara pragmatis berka
itan dengan masalah kekuasaan. tapi kekuasaan itu bukan ‘kekuasaan untuk kekuasaan’, melainkan kekuasaan untuk keselamatan umat, rakyat dan orang banyak.”

Inilah sosok M.Hanif Dhakiri di pandangan masyarakat,

“Pak Mentri Hanif merupakan sosok pemimpin yang peduli, asik dan inovatif. untuk memberikan sosialisasi pentingnya kepedulian pada TKI beliau bisa memanfaatkan sinetron yang populis sebagai media pencerah masyarakat.”

” Dia adalah sosok pemimpin jebolan pesantren yang memiliki wawasan politik kebangsaan dan sosial budaya yang luas. sosok pemimpin muslim yang moderat sekaligus santun dan taat.”

“Muhammad Hanif Dhakiri adalah seorang pemimpin yang rendah hati dan mau mendengar masukan semua golongan. beliau tak canggung menjadi penggerak kerjasama lintas sara dan merangkul semua golongan.”

“Bapak adalah seorang ayah yang tegas, Fun dan menghargai kesetaraan. telah menjadi pejabat tapi mau mendengar dan menghargai ibu dan anak-anaknya dalam hal-hal yang Bapak tidak tahu. serius dalam bekerja tapi hangat di keluarga.”

“Bang Hanif itu sosok yang memiliki keberpihakan kuat pada Rakyat. Latar belakang kehidupan yang sederhana dan dasar Agama yang kuat mampu membuat beliau memiliki empati yang alamiah kepada Rakyat kecil.”

Pendidikan Muhammad Hanif Dhakiri,
Umum.
•Madrasah Tsanawiyah Negeri, Salatiga (1988)
•Madrasah Aliyah Al-Muayyad, Surakarta (1991)
•Akademik Politik Kebangsaan (Akpolba g) DPP PKB (2006)
•S-1 IAIN Walisongo, Salatiga (1996)
•S-2 Universitas Nasional, Jakarta (2014)

Khusus.
• Pelatihan Kader Dasar (PKD) Penggerak Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Salatiga (1992)
• Pelatihan Kader Lanjut (PKL) PMII Koordinator Cabang Jawa Tengah (1994)

Karir.
• Konsultan dan mitra di Friedrich Nauman-stiftung Indonesia (1998-2002)
• Direktur Eksekutif Institute For Social Institutions Studies, Jakarta (1999-2002)
• Program Officer National Democratic Indonesia (2002)
• Staf Khusus Mentri Tenaga Kerja (2006-2007)
• Sekertaris Fraksi PKB DPR-RI (2009-2014)
• Anggota Komisi X DPR-RI (2009-2014)
• Menteri Tenaga Kerja Kabinet Kerja (2014-2019). (Khusus-RED)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *