Transparan  News
18 Juli 2019

MK Gelar Sidang PHPU Caleg DPRD Kota Bekasi

Saut Manullang

TransparanNews, JAKARTA – Mahkamah Konstitusi (MK) gelar sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Calon Legislatif (Caleg) DPRD Kota Bekasi, Sulistiadi caleg nomor 3 dari Daerah Pemilihan (Dapil) 2 Kecamatan Bekasi Utara dan termohon KPU serta pihak terkait, Caleg nomor urut 2, Rasnius Pasaribu, Selasa (16/7/2019).

Saat sidang, kuasa hukum pemohon, Muslim Jaya Butar-butar, SH. MH membacakan permohonannya dengan rinci.

Menurutnya, ada pengurangan dan penambahan angka di sejumlah TPS (Tempat Pemungutan Suara) pada setiap Kelurahan yang menyebabkan adanya perubahan dalam DAA1 (rekapitulasi tingkat kecamatan).

“Di Kelurahan Perwira, yakni TPS 62, ada perbedaan hasil suara di data C1 dan DA1. Termohon (KPU) dalam DA1 menyebut Caleg Rasnius 13, tapi menurut Pemohon Caleg Rasnius hanya mendapat 3 suara. Jadi ada selisih 10 suara. Sedangkan di C1 masih di TPS 62 menurut Termohon, Caleg Rasnius mendapat 3 suara. Selisihnya 10 suara,”tuturnya di hadapan majelis hakim seraya melanjutkan pembacaannya di Kelurahan lain.

Dari total satu Kecamatan Bekasi Utara untuk Partai Golkar antara Caleg nomor 2 Rasnius dan Caleg nomor 3 Sulistiadi menurut Termohon ada selisih 91 suara untuk Caleg nomor 2. Dibacakannya ada kenaikan suara sebesar 91 suara untuk Rasnius. Sementara menurut Pemohon ada pengurangan 91 suara.

“Pemohon menemukan kesalahan dalam penghitungan suara menurut Termohon Caleg no 2 sebesar 3372, caleg nomor 3 sebesar  3281 terjadi penambahan 91 suara,” ungkapnya.

Kemudian kuasa hukum caleg membacakan Petitumnya diantaranya,

1. Mengabulkan permohonan pemohon untuk seluruhnya.

2. Membatalkan keputusan Komisi Pemilihan Umum.

3. Menetapkan hasil suara yang benar untuk Pemohon mengisi keanggotaan DPRD Kota Bekasi dari Dapil 2. Dengan hasil Caleg nomor 2 Rasnius Pasaribu 3181 suara, dan Caleg nomor urut 3, Sulistiadi 3302 suara.

“Memerintahkan Komisi Pemilihan Umum untuk melaksanakan putusan ini. Demikian yang mulia yang kami bacakan,” pungkasnya. (Anto)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *