Transparan  News
18 Juni 2019

MK Menjamin Keamanan Saksi Saat Bersidang

Saut Manullang

TransparanNews, JAKARTA – Hakim konstitusi Saldi Isra mengingatkan tim hukum Prabowo Subianto-Sandiaga Uno agar tidak berlebihan berbicara soal keamanan saksi yang akan dihadirkan dalam sidang gugatan hasil Pilpres. MK ditegaskan Saldi Isra menjamin keamanan saksi saat bersidang. 

“Kami Mahkamah mampu memberikan perlindungan di sini, kami didengar banyak aparat, ada juga kewajiban aparat untuk memberikan perlindungan seperti itu,” kata hakim Saldi Isra dalam sidang di gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (18/6/2019).

“Jadi soal yang seperti ini kita sama-sama pernah punya pengalaman di MK Pak Bambang, tidak perlu terlalu didramatisir. Pokoknya dalam ruang sidang besok semua saksi yang Pak Bambang hadirkan itu keamanan dan keselamatan dijaga Mahkamah,” sambung Saldi Isra.

Urusan perlindungan saksi ini jadi pembahasan antara pihak pemohon Prabowo-Sandiaga dengan hakim konstitusi. BW meminta agar MK mengeluarkan perintah agar LPSK melindungi saksi. Tapi hakim konstitusi menyebut tak ada landasan hukum memerintahkan LPSK melindungi saksi.

“Saya senang ada pernyataan seperti ini tapi apa kita menjamin kekerasan tidak akan muncul? Tidak di ruang ini, pasca persidangan. Jadi ada soal seperti itu. Justru kami hadir karena orang yang dihubungi mengatakan seperti itu setelah kami konsultasi ke LPSK ada dua opsi, kalau kami diperintahkan akan kami lakukan,” kata Bambang. (awr/eva)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *