Transparan  News
12 Februari 2020

Muslim JB : Pernyataan Ketua BPIP, Agama Musuh Terbesar Pancasila Keliru

soepianto

TransparanNews, JAKARTA – Ketua DPP Partai Golkar Muslim Jaya Butarbutar menyesalkan pernyataan Kepala Badan Pembinaan Idiologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi yang menyebut Agama sebagai musuh terbesar Pancasila.

Muslim Jaya Butarbutar menilai pernyataan Yudian Wahyudi blunder selaku kepala BPIP. “Sebaiknya mundur saja jika tidak mampu mengimplementasikan pemikiran Jokowi. Padahal kita ketahui bersama nilai-nilai Pancasila digali dari Agama. Dalam sila pertama secara tegas menyebut ketuhanan yang maha esa, artinya ada nilai-nilai agama didalamnya,” jelas Muslim kepada transparannews.com, Rabu (12/02).

Lanjut Muslim, dalam Pancasila ada azas musyawarah mufakat, persatuan Indonesia dan keadilan seluruh rakyat. “Kandungan makna tersebut diambil dari nilai-nilai agama yang bersifat universal, dimana agama mengajarkan menyelesaikan masalah dengan musyawarah, agama mengajarkan memberikan rasa adil kepada masyarakat,” ungkapnya.

Jadi, menurut Advokat ini, bahwa pernyataan kepala BPIP blunder dan keliru menyebut agama sebagai musuh terbesar Pancasila. Sebaiknya kepala BPIP meralat pernyatanya dan meminta maaf kepada rakyat Indonesia. Pancasila lahir dari perjuangan para ulama-ulama dan tokoh rohaniawan yang duduk bersama untuk merumuskan nilai-nilai Pancasila secara musyawarah mufakat.

“Nilai-nilai Agama sangat terlihat dalam rumusan Pancasila secara komprehensif, dimana Agama ditempatkan pada Sila Pertama, yakni Ketuhanan Yang Maha Esa,” ujar Ketua DPP Partai Golkar ini menjelaskan. (Anto)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *