Transparan  News
20 September 2018

Rapat Pleno Penetapan DCT Dilaksanakan KPU Kota Gunungsitoli

Anto Baho

TransparanNews, GUNUNGSITOLI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) laksanakan Rapat Pleno Penetapan Daftar Calon Tetap (DCT)  anggota DPRD Kota Gunungsitoli pada Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019, Kamis, (20/9) bertempat di Grand Kartika Gunungsitoli Sumatera Utara.

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu). Erianto Polem menyampaikan, tanggungjawab dan tantangan pada tahapan Pemilu Tahun 2019 cukup besar untuk dihadapi.

“Kami harapkan agar tetap kondusif dan berjalan sukses dan itu juga harapan kita. Kami dari Bawaslu mengingatkan kepada Partai Politik agar  kiranya dapat memberikan salinan dokumen  calon legislatif DPRD Kota Gunungsitoli  tahun 2019,” ujarnya. 

Mewakili Forum komunikasi pimpinan  daerah kota  Gunungsitoli  yang diwakili oleh Wakil Dandim 0213 Nias L. Sihombing mengatakan siap untuk pengamanan pelaksanaan pemilu 2019.

“Kami sebagai pihak pengamanan tetap siap mengamankan agar pelaksanaan kegiatan Pemilu 2019 berjalan dengan sukses. Dan harapan kami kepada para caleg dari partai politik agar bersaing dengan sportif dan sinergi,” ujarnya. 

Sementara itu, Ketua KPU Kota Gunungsitoli Sokhiatulo Harefa, S.IP menyampaikan bahwa penetapan calon tetap  sudah melalui waktu tahapan yang sangat  panjang.

Dimana awal tahapannya melalui menerima pengumuman pengajuan daftar Calon pada  tanggal 01 s/d 03 Juli 2018,  kemudian pengajuan Daftar Calon tanggal 04 s/d 17 Juli 2018, dan dilanjutkan dengan Verifikasi kelengkapan administrasi daftar calon dan bakal calon dari KPU kepada Parpol.

Kemudian  Ketua KPU Kota Gunungsitoli menambahkan bahwa telah dilaksanakannya perbaikan  Daftar Calon dan syarat calon serta pengajuan  bakal calon pengganti lalu di verifikasi terhadap perbaikan daftar calon dan syarat calon kemudian  penyusunan dan penetapan  daftar calon sementara  (DCS).

Selanjutnya  tahapan pengumuman DCS persentase keterwakilan perempuan,  dan dilanjutkan masukan dan tanggapan  masyarakat  atas DCS, kemudian permintaan  klarifikasi kepada parpol atas masukan  dan tanggapan  masyarakat  terhadap DCS tanggal 22 s/d 28 Agustus 2018 dan  penyampaian  klarifikasi  dari Parpol kepada KPU  tanggal 29 s/d 31 Agustus 2018.

Kemudian tahapan pemberitahuan pengganti DCS tanggal 01 s/ d 03 September 2018  dan dilanjutkan  pengajuan penggatian bakal calon tanggal 04 s/d 10 September 2018 dan tahapan Verifikasi penggati DCS oleh KPU pada tanggal 11 s/ d September 2018 dan tahapan penyusunan DCS  tanggal 14 s /d 20 September 2018 dan  tanggal 20 September 2018 kita laksanakan penetapan Daftar Calon Tetap ( DCT)  dan terakhir tanggal 21 s/d 23 September 2018 akan diumumkan daftar Calon Tetap (DCT)  oleh KPU kota Gunungsitoli. 

Ketua KPU mengharapkan kiranya DCT yang ditetapkan agar benar -benar diihat penulisan nama, gelar  dan nomor urutannya dan jika ada kekeliruan, kesalahan  kiranya mengecek terlebih dahulu dengan cermat ucapnya. 

Dan dilanjutkan ketua Pokja oleh Bung Nover Harefa  menyebutkan, nama-nama  daftar calon tetap yang dikoreksi agar segera  diperbaiki, baik penulisan nama yang benar dan akan dilanjutkan penandatanganan oleh Ketua Parpol, Penghubung dan KPU kota Gunungsitoli. (Arozatulo Telaumbanua /W-1) 

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *