Transparan  News
11 Juni 2019

Tim Kuasa Hukum Jokowi-Ma’ruf : Tidak Tepat Bila MK Mengakomodir Perbaikan Gugatan Pasangan 02

Anto Baho

TransparanNews, JAKARTA – Menjelang sidang sengketa Pilpres di Mahkamah Konstitusi  (MK) pada hari Jumat, 14 Juni 2019 nanti, Tim kuasa hukum 02 Prabowo – Sandi menyampaikan permohonan perbaikan sengketa Pilpres 2019 yang telah disampaikan pada hari Senin, (10/6) lalu.

Menanggapi adanya permohonan perbaikan sengketa pilpres 2019 yang disampaikan tim kuasa hukum pasangan 02 Prabowo-Sandi ke MK, menurut salah satu tim kuasa hukum Jokowi-Ma’ruf, Muslim Jaya Butar-butar, SH, hal itu bertentangan dengan Peraturan Mahkamah Konstitusi tentang tahapan jadwal penanganan perkara perselisihan hasil Pemilu.

“Hukum acara Mahkamah Konstitusi tidak mengenal adanya perbaikan permohonan sengketa pilpres 2019 sesuai Peraturan Mahkamah Konstitusi Nomor 4 tahun 2018, Peraturan Mahkamah Konstitusi Nomor 5 tahun 2018 dan Peraturan Mahkamah Kontitusi Nomor 1 tahun 2019 tentang tahapan, kegiatan jadwal penanganan perkara persilisihan hasil pemilihan umum tidak satupun di dalam pasal ketiga Peraturan MK tersebut yang mengakomodir adanya perbaikan permohonan dalam sengketa pilpres,” ujar Muslim J Butar-butar menjelaskan kepada transparannews.com, Selasa, (11/6).

Masih menurut Muslim, didalam sengketa Pileg untuk perbaikan permohonan bila diakomodir oleh MK sangat bertentangan dengan Peraturan Mahkamah Konstitusi Nomor 4 tahun 2018, Nomor 5 tahun 2018 dan nomor 1 tahun 2019.

“Dengan demikian adalah gawur dan tidak benar bahwa perbaikan permohonan dalam sengketa pilpres diakomodir dalam peraturan Mahkamah Konstitusi serta adalah tidak tepat dan sangat tidak beralasan hukum,” ungkapnya.

Dikatakan Tim Kuasa Hukum Pasangan 01 Jokowi-Ma’ruf  ini, apabila perbaikan permohonan dalam sengketa Pilpres diakomodir oleh Hakim MK nanti pada tanggal 14 juni 2019 pada sidang pemeriksana pendahuluan tidak tepat dan sangat tidak beralasan secara hukum. (Anto)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *