Transparan  News
11 Oktober 2018

Dinkes Labuhanbatu Lakukan Revitalisasi Posyandu

Anto Baho

TransparanNews, LABUHANBATU – Dinas kesehatan Labuhanbatu menggelar revitalisasi bagi kader posyandu di wilayah puskesmas kabupaten labuhanbatu tahun 2018 di aula kantur camat Bilahulu pada Senin (1/10/2018) siang.

Camat Bilahulu, Hamdy Erazona Siregar, ST,MM melalui Sekcamnya, Karminah, S.Sos berharap kiranya permasalahan posyandu dapat terselesaikan dan diatasi.

“Kesehatan sangatlah penting, terlebih bagi anak dan balita, namun kendala sekarang ini, banyak orang tua yang enggan membawa anaknya ke posyandu, dan anak anak takut untuk hadir di posyandu,” katanya.

“Melalui pertemuan ini, saya berharap kepada ibu Kadis kesehatan kiranya dapat memberikan solusi bagaimana caranya agar orang tua dan anak Balita mau dan tidak takut lagi untuk hadir ke posyandu,” tambah Karminah.

Sementara itu, didampingi Kasikesga dan gizi Friska Simanjuntak, Kapus Lingga Tiga, dan Camat Bilahulu, Kadis Kesehatan Labuhanbatu Tinur bulan SKM.M.Kes. menyampaikan materi berupa program pentingnya Imunisasi.

“Imunisasi sangat penting bagi anak anak usia Nol hingga sebelas bulan, karena imunisasi dapat mencegah penyakit bagi diri sendiri dan penularan penyakit terhadap sekitarnya,” terangnya.

“Ibu semua adalah kader posyandu, dari itu adalah tugas para kader bagaimana caranya agar masyarakat mau meringankan langkah untuk mengantar anaknya ke posyandu, dan menciptakan suasana agar anak anak tidak takut untuk di imunisasi,” ucap Tinur.

Imunisasi merupakan upaya yang diwajibkan pemerintah kepada seseorang sebagai bagian dari masyarakat dalam rangka melindungi yang bersangkutan dan masyarakat sekitarnya dari penyakit yang dapat di cegah dengan imunisasi (PD3i).

“Pelayanan imunisasi di berikan pada sasaran yabg sehat, untuk itu sebelum pemberian imunisasi diperlukan Skrining untuk menilai kondisi sasaran, kesehatan itu memang mahal, tapi lebih mahal jika kita mengobatinya, dari itu untuk menghindari datangnya penyakit ataupun firus bibit penyakit itu datang kita harus mencegahnya dengan memberikan pembekalan awal pada balita kita. Ayo, bawa anak dan balita kita ke posyandu setiap bulanya dengan mengikuti program imunisasi, agar anak kita sehat dan terjauh dari macam macam penyakit,” tutur Tinur Bulan.

Sebagai pembekalan kepada 60 orang kader Posyandu dari 7 desa yang ada di Kecamatan Bilahulu, Dinas Kesehatan Labuhanbatu memberikan soal Pretest sebagai penambahan wawasan serta ilmu pengetahuan bagi kader posyandu wilayah puskesmas Lingga tiga. (Paris)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *