Transparan  News
6 Desember 2017

Ribuan Guru Honor Dan Tenaga Kerja Kependidikan Di Kota Bekasi Segara diangkat jadi TKK

Transparan News

 

 TransparansNews, Kota Bekasi-Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi Drs. H.M Ali Fauzie M.Pd mengatakan seluruh Guru Honor dan Tenaga Kependidikan akan segera di angkat menjadi TKK ( Tenaga Kerja Kontrak) oleh Pemerintah Kota Bekasi. Jumlahnya sangat banyak 3000 an lebih guru honor dan tenaga kependidikan di Kota Bekasi, saat ini lagi dalam proses verifikasi data ungkap, Ali Fauzie. Setelah kita data dan verifikasi seluruh nya baru akan kita umumkan, Insyah Allah tahun depan 2018 seluruh nya sudah di angkat menjadi TKK, kata Ali Fauzie di ruang kerjanya Rabu 06/12/2017.

Kadisdik Kota Bekasi Ali Fauzie  juga menambahkan bahwa nantinya para guru honor dan Tenaga Kependidikan yang di angkat menjadi TKK nama nya akan di ubah bukan lagi TKK ( Tenaga Kerja Kontrak ) tetapi akan menjadi, Tenaga Pendidik dan Kependidikan, ini sangat penting kata Ali Fauzie, Dinas Pendidikan harus beda dengan SKPD yang lain alasannya kata Ali Fauzie  Pertama : karena memang  mereka adalah Guru, Kedua : mereka para Tenaga Kependidikan yang selama ini sudah paham  dan ahli dalam administrasi sekolah, dan yang Ketiga : supaya tidak gampang pindah-pindah ke SKPD lain kata Ali Fauzie.

Minggu lalu Ribuan Guru honor di Kota Bekasi (Rabu 29/11/2017 ) mendatangi kantor Dinas Pendidikan Kota Bekasi untuk di data kembali. Menurut beberapa guru honor yang berhasil di wawancarai mereka hanya di data dan disuruh membawa KTP, SP (surat perintah), SPMT (Surat Perintah Melaksanakan Tugas) . Tujuannya belom tau mas’, kita hanya mengikuti perintah dari Dinas Pendidikan ungkap salah satu guru honor yang mengajar di salah satu SD Negeri di Kecamatan Medan Satria.

Sempat beredar isu bahwa guru-guru honor di Kota Bekasi akan melakukan aksi demo yang bertepatan dengan pelaksanan Hari Guru Nasional  2017 yang  dil
aksanakan di Kota Bekasi sàbtu 02/12/2017 minggu yang lalu. Kehadiran  Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Kota Bekasi menurut para guru honor adalah waktu yang tepat dalam penyampaian tuntutan dan keluhan supaya di dengar oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah. Tetapi isu demo para guru honor ini tidak benar.

Di Kota Bekasi kesejahteraan guru honor ini belom bisa di katakan layak , karena masih banyak guru honor yang penghasilan nya  di bawah Rp 2 juta perbulan. Bagi guru honor yang  berstatus TKK memang sudah mendapat penghasilan standar UMK, tetapi bagi guru kategori honor murni yang jumlahnya mencapai tiga ribuan ini, penghasilan mereka masih jauh dari kata layak.

Menurut, Yanti, Kepala Seksi Bidang Kepegawaian Dinas Pendidikan Kota Bekasi , bahwa tambahan untuk transport guru honor telah di berikan oleh pemerintah Kota Bekasi sejak bulan Maret 2017 yang lalu dan langsung di transfer ke rekening masing-masing guru . Yanti menambahkan setiap guru honor murni, kita bagi empat kategori karena kita melihat lamanya masa kerja pada setiap guru honor.

Untuk kategori 0-3 tahun kerja kita memberikan Rp 550 ribu/ bulan, kategori, 3-6 tahun kerja mendapat Rp 1 juta, kategori 6-8 tahun Rp 1,2 juta, dan kategori 8 tahun ke atas mendapat Rp 1,5 juta perbulannya, dan untuk tambahan penghasilan mereka adalah dari uang BOS yang mereka terima dari sekolah masing-masing ungkap, Yanti.

Mudah-mudahan dengan pengangkatan para Guru Honor dan Tenaga Kependidikan menjadi TKK oleh Pemerintah Kota Bekasi akan membawa hal positif di bidang pendidikan terutama pada hal prestasi para siswa di hari-hari yang akan datang. Bagaimana mungkin seorang guru akan benar-benar mengajar dengan baik kalau kesejahteraan mereka tidak mencukupi. Dengan adanya rencana pengangkatan Guru Honor dan Tenaga Kependidikan ini menjadi TKK, maka tidak adalagi keluhan atau alasan bagi mereka Guru Honor dan Tenaga Kependidikan di Kota Bekasi  bermalas- malas atau kerja tidak maksimal, karena mereka sudah mendapat penghasilan yang cukup iyaitu Rp 3 juta perbulan. Selamat Hari Guru 2017. JOS

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *