Transparan  News
29 November 2017

Sosialisasi Saber Pungli, Membangun Sistem Pencegahan

Saut Manullang

Sosialisasi Saber Pungli Tahun Anggaran 2017 dilingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi dihadiri Wakapolres Metro Bekasi, AKBP Wijonarko, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Bekasi, Didi Suhardi, Kasdim 0507 Bekasi, Mayor Czi Sali, Sekretaris Daerah Kota Bekasi, Rayendra Sukarmadji, para Asisten Daerah, Kepala Badan/Dinas, Camat dan Lurah se-Kota Bekasi serta Unit Satgas Saber Pungli Kota Bekasi.

“Maksud tujuan kegiatan ini agar terbangun sistem pencegahan terhadap pungutan liar di lingkungan Pemkot Bekasi. Kegiatan ini juga bertujuan mewujudkan pemerintahan yang baik serta bersih dalam melayani masyarakat,” ungkap Sekretaris Inspektorat Kota Bekasi, Sudarsono kepada media usai acara sosialisasi.

Ia menambahkan, bahwa kegiatan serupa akan dilaksanakan juga yakni sosialisasi pelaporan LHKPN dengan peserta Sekretaris dan Pejabat pengelolaan kepegawaian perangkat daerah dilingkungan Pemkot Bekasi.

Selanjutnya, dalam sambutannya Wali Kota Bekasi, Dr. Rahmat Effendi mengatakan, bekerja wajib diimbangi dengan membangun sistem.

“Maka dari itu dalam bekerja nantinya akan bisa berkurang dalam penyelewengan yang terjadi,” tegasnya.

Walikota juga memaparkan bahwa sistem yang kini dibangun oleh Pemerintah adalah melalui sistem online, maka dicanangkanlah perijinan secara online.

“Salah satunya belum lama ini telah diluncurkan perijinan sistem online dengan kartu ijin praktek dokter, dengan begitu orang dimanapun bisa mengurus atau meng upload perijinan dengan mudah,” ujarnya.

Terkait kewajiban para pejabat untuk melaporkan harta kekayaannya atau LHKASN, kata Rahmat sejak Tahun 2015 yang lalu dirinya paling utama dalam melaporkan Laporan Hasil Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) nya.

Menurutnya, ini semua adalah bukti dari Pemerintah Kota melakukan penataan institusi yang ada, karena pada tahun 2013 saat dirinya bersama Ustad Syaikhu dilantik, ditata paling pertama kali ialah kelembagaan, untuk memperkuat institusinya, baru selanjutnya pada prosesi-prosesi pelayannya.

“Oleh karena itu sinergitas, koordinasi dan cara pandang dalam menyelesaikan permasalahan persoalan wilayah selama ini sangat luar biasa, baik itu dari jajaran Kapolres Metro Bekasi Kota, Kajari Bekasi, Dandim 0507, Pengadilan serta Institusi lainnya,” tuturnya. (Saut)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *